Friday, January 13, 2006

Jangan Terlalu Serius

Falsafah mencla-mencle-jangan-terlalu-serius intinya adalah: keterbukaan terhadap perubahan dan kreativitas. Sikap terlalu serius dan "konsisten selalu" acapkali berlawanan dengan keterbukaan terhadap perubahan dan kreativitas.

Ini bukan hanya sekadar filsafat, tapi juga merupakan fakta saintifik. Para pencari kebenaran, seniman, saintis justru berhasil menemukan ide atawa inspirasi baru karena sikap "bermain-main santai" dan "having fun" tersebut.


Para mahaguru meditasi sudah lama tahu bahwa semakin serius dan semakin keras usaha anda untuk mencapai target "pencerahan", maka semakin jauh-lah pencerahan itu!


Lebih dari itu: manusia perlu rendah hati untuk mengakui bahwa dia tidak tahu apa-apa. Jika anda terlalu serius terhadap suatu ideologi, maka ada bahaya bahwa pendapat-pendapat anda menjadi absolutisme. Anda menjadi fanatikus yang menutup pintu hati terhadap perubahan-perubahan. Dengan kata lain: anda terpenjara di dalam pikiran anda sendiri. Pendapat-pendapat anda menjadi berhala baru yang absolut tidak
terbantahkan.