Monday, July 18, 2005

Menjadi Orang Biasa

Saya acapkali mendengar cerita tentang orang-orang hebat, yang berprestasi hebat, yang dikaruniai bakat dan kelebihan sejak lahir, dan menjadi tokoh yang dikagumi masyarakat.

Sungguh saya bersyukur dengan hadirnya orang-orang tersebut di dalam kehidupan kita. Mereka menyumbang sedemikian banyak pada kehidupan kita.

Dengan tetap menjaga kekaguman saya pada orang-orang hebat tadi, saya bertanya: "Apakah yang dapat saya buat dalam hidup saya?"

Jelas saya tidak akan mungkin meniru mereka, menjadi orang hebat. Saya sendiri hanya orang biasa, bersama-sama dengan lebih dari 90% umat manusia. Jika saya ingin menjadikan seseorang sebagai teladan saya, bukankah semua kualitas orang tersebut harus berada dalam jangkauan saya untuk saya teladani? Bagaimana saya meneladani seseorang yang kualitasnya ribuan kali lebih hebat dari saya?

Pertanyaan lebih jauh: "Apakah yang bisa dilakukan oleh orang-orang biasa, seperti saya ini?" Kualitas apakah yang terjangkau oleh orang-orang biasa? Hingga setinggi apakah kualitas yang bisa terjangkau oleh seorang biasa?