Thursday, November 4, 2004

Naik Level?

Sebenarnya semua orang mestinya ya ingin mencapai "level yang tertinggi". Malah untuk itulah sebenarnya manusia diciptakan. Hanya memang banyak halangannya. Tapi sebenarnya semua halangan itu-lah yang membentuk manusia dalam perjuangannya. "Terbentur-bentur Terbentuk ...." Ngomong-ngomong soal Tuhan, Gus Dur pernah bilang:"Tuhan itu nggak perlu dibela ...". Lha, mosok yang lemah mau membela yang kuat? Sebenarnya justru Tuhan yang membela manusia, bukan manusia yang membela Tuhan! Yang harus dibela itu kan yang lemah dan tertindas, bukan yang Maha Kuasa.

Inti sari agama, surga, dan neraka itu begini:

1. Berhenti mencari Tuhan. Duduk diam, dan sadarilah: Tuhan sudah terlebih dahulu mencari manusia, sebelum manusia mencari Tuhan.

2. Orang yang beragama mengejar pahala supaya masuk surga. Tetapi orang yang mencapai pencerahan tahu bahwa bukan manusia yang berusaha masuksurga, tetapi surga yang berusaha memasuki manusia.

3. Apa itu neraka? Kejahatan bertahta begitu hebat dalam hati manusia, sehingga ketika surga mendekat, manusia malah berlari menghindar!

Kapan seseorang mencapai pencerahan? Pencerahan nggak bisa dijadwal. Itulah bedanya dengan orang beragama. Orang agama berlari ngos-ngosan mengejar pahala dan surga. Tetapi untuk mencapai pencerahan orang harus duduk, diam, hening, .... dan menunggu!