Tuesday, October 3, 2006

Yesus, Tuhan?

Para penganut kristen yang pertama (termasuk murid-murid pertama Yesus) berasal dari lingkungan Yahudi yang tidak akan menuhankan manusia. Sangat mustahil kalau mereka BERINISIATIF untuk mengangkat yesus menjadi Tuhan. Satu-satunya penjelasan mengapa mereka yakin bahwa Yesus adalah Tuhan adalah karena Tuhan sendiri yang menyatakannya. Atau dalam bahasa teologis: murid-murid Yesus mengalami pengalaman iman yang mengubah (secara sangat radikal) pemahaman mereka tentang Yesus.

Sebagai orang yang hidup di abad 21, saya membaca bagaimana murid-murid yesus yang tadinya penganut agama Yahudi itu, dan cenderung penakut, berubah secara radikal menjadi martir yang rela mati demi iman mereka terhadap Yesus sebagai Tuhan! Dari manakah datangnya iman mereka itu? Mungkinkah mereka sendiri berinisiatif menciptakan ajaran baru "menuhankan" seorang manusia, lantas siap menjadi martir untuk itu? Ini sungguh tidak masuk akal.


Lebih tidak masuk akal lagi kalau murid-murid yesus itu (yang telah hidup bersama yesus selama bertahun-tahun) tiba-tiba "menuhankan" yesus hanya karena ajaran ciptaan seorang mantan pemburu orang kristen yang bernama Saulus a.k.a Paulus (yang nota bene adalah "pendatang baru" yang baru masuk kristen bertahun-tahun sesudah penyalibab yesus).