Friday, July 21, 2006

Konsep



Sepanjang sejarah sudah banyak beredar macam-macam pemikiran yang mau menjadi alternatif . Tapi belum ada yang bisa menunjukkan keberhasilan. Semuanya nampak indah di atas kertas, tetapi ketika dipraktekkan di lapangan, kok ndak seindah konsepnya?

Yang bisa membuka mata dunia saat ini adalah contoh nyata. Konsep anda adalah konsep yang paling hebat, menurut anda? Baiklah. Beri kami contoh nyata, sekarang! (Jangan beri contoh "kejayaan di masa lalu" tapi beri contoh nyata di masa kini).

Banyak tokoh di masa lalu yang mengatakan bahwa Pancasila adalah konsep yang hebat. Tetapi dunia ndak percaya, sebab yang mereka amati adalah pelaksanaannya, bukan konsepnya.

Kalau dikatakan bahwa banyak orang takut terhadap konsep-konsep alternatif, barangkali ada benarnya. Mereka bukan takut bahwa apa yang mereka miliki akan diganti dengan sesuatu yang lebih baik (apa ada orang yang takut dengan sesuatu yang lebih baik?). Tetapi biasanya orang takut bahwa apa yang mereka miliki akan diganti dengan sesuatu yang lebih buruk.

Dari mana datangnya ketakutan itu? Yang terutama bukan dari konsep-konsep yang beredar. Ketakutan itu bukan ketakutan pada konsep, tetapi ketakutan pada hal yang kelihatan. Ketakutan yang datang dari berbagai contoh nyata yang kelihatan.

Sekali lagi, contoh nyata menentukan.

Kebanyakan manusia di dunia (barat atau timur) bukanlah orang yang siang malam bergelut dengan konsep. Kebanyakan orang berurusan dengan hal-hal konkret. Itulah yang bisa menarik hati, atau membuat orang takut.