Tuesday, April 5, 2005

Pohon Sesawi

Pohon sesawi (bukan sawi!) yang tumbuh di daerah timur tengah kemungkinan adalah dari jenis sesawi hitam (black mustard), yang bisa tumbuh hingga ketinggian 3 s/d 4 meter. Pohon sesawi ini merupakan pohon yang mempunyai biji yang sangat kecil. Namun jika ditanam, bisa tumbuh menjadi pohon yang besar dan kuat.

Tokoh-tokoh spiritual terkenal, seperti Musa, Yesus, Muhammad, Mother Teresa, dll jelas mempunyai iman yang jauh lebih besar daripada biji sesawi, bahkan mungkin lebih besar daripada pohon sesawi sekalipun. Dan saya yakin, tak satu pun di antara tokoh-tokoh itu yang pernah memindahkan gunung.

Apa arti "iman sebesar biji sesawi?"

Menurut pendapat saya, ini mengandung makna bahwa "yang besar dimulai dari yang kecil". Jika seseorang mempunyai benih iman, sekecil apapun, maka iman itu bisa bertumbuh menjadi besar dan kuat, asalkan ditabur di tanah yang subur dan dipelihara dengan baik. Jika seseorang mempunyai iman yang besar dan kuat, maka ia akan mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, yang dilambangkan dengan istilah "memindahkan gunung".