Sunday, April 17, 2005

Ayat-ayat Kitab Suci

Beberapa kali saya membaca perdebatan antara dua orang yang beragama sama, tetapi bertentangan pendapat. Anehnya, mereka dengan sangat lancarnya mengutip ayat-ayat kitab suci yang mendukung argumen masing-masing!

Saya pun dapat berbuat serupa, yaitu mengutip ayat-ayat kitab suci yang akan mendukung semua argumen saya. Ini saya kira bukan hal yang sulit.

Tetapi saya tidak akan melakukan hal itu. Dan selama ini pun saya cukup konsisten, yaitu tidak pernah mengutip ayat-ayat hanya sekedar untuk mendukung pendapat saya. Bahkan saya sangat jarang mengutip ayat apa pun di dalam semua posting saya.

Sikap saya tentang kitab suci adalah sebagai berikut.
Pesan Tuhan terhadap manusia hanya bisa dipahami secara benar jika kita membaca kitab suci sebagai keseluruhan. Karena itu debat antar agama di berbagai milis sering nampak konyol, yaitu ketika penganut agama A mengutip potongan-potongan ayat kitab suci agama B untuk menunjukkan kekeliruan agama B!
Karena itu yang saya coba lakukan adalah menangkap inti ajaran agama saya yang, menurut saya, hanya dapat dilakukan dengan membaca Bible sebagai keseluruhan dari ayat pertama kitab Kejadian hingga ayat terakhir kitab Wahyu. Membaca kutipan-kutipan ayat tanpa memahami inti ajaran tersebut, menurut saya, adalah hal yang sia-sia saja.