Thursday, January 13, 2005

SIC DEUS DILEXIT MUNDUM(2)

Saya mempunyai keyakinan saya bahwa seandainya Tuhan menghukum, maka Tuhan tidak akan menghukum dengan cara yang sedemikian dahsyat dan kejam. Hukuman Tuhan, menurut keyakinan saya, hanya ditujukan kepada sipelaku dosa, dan selalu dalam batas yang dapat ditanggung, dan bertujuan untuk mendidik dan mempertobatkan.

Dari mana saya tahu bahwa demikianlah Tuhan bersikap?
Saya tidak tahu.
Semua ini adalah apa yang saya imani, bukan yang saya ketahui.

Pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit:

Apakah Tuhan tidak terlibat dalam setiap kejadian alam yang murni alamiah?

Apakah Tuhan menciptakan alam beserta hukum-hukum alam yang mengendalikannya, dan membiarkan alam bertingkah-laku sendiri tanpa campurtanganNYA?

Ataukah Tuhan sudah mempunyai blue print lengkap sebelum alam diciptakan dan menciptakan alam sedemikian rupa sehingga semua kejadian alam akan terjadi sesuai dengan rencanaNYA? Artinya, sebelum alam diciptakan, Tuhan sudah tahu bahwa pada tanggal 26 desember 2004 akan ada sekian juta orang yang bertempat tinggal di sekitar aceh. Kemudian, ketika Tuhan menciptakan alam, Ia menciptakan kondisi awal dan hukum-hukum alam sedemikian rupa, sehingga pada tanggal 26 desember 2004 akan terjadi gelombang besar yang menimpa jutaan orang tersebut?

"sic deus dilexit mundum....."
(For God So Loved The World ....)