Monday, January 8, 2007

Apakah hari sabtu = hari sabat?

Bible perjanjian lama menyatakan bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatunya dalam 7 hari (apakah 1 hari di sini sama dengan 24 jam, itu juga adalah persoalan sendiri). Pada hari ke tujuh, Tuhan "beristirahat", maka hari ke tujuh harus disucikan menjadi hari sabbath.

Mengapa hari sabbath disamakan dengan hari sabtu? Karena orang yahudi waktu itu menghitung hari-hari dalam seminggu mulai dari hari minggu. Jadi hari minggu adalah hari pertama. Namun ada keruwetan lain, yaitu hari pertama (hari minggu) dihitung mulai matahari terbenam waktu sabtu sore. Jadi sesungguhnya hari sabbath itu dimulai dari jum'at sore.


Di jaman modern, orang menghitung hari mulai dari hari senen dini hari sebagai hari pertama. Sehingga hari minggu dini hari menjadi hari ke tujuh. Bible tidak pernah menyatakan bahwa hari sabtu harus menjadi hari sabbath yang disucikan. Bible hanya menyatakan bahwa orang harus menyucikan hari ke 7 di dalam satu siklus. Lha, kalau hari pertama dihitung dari senin dini hari, maka minggu dini hari menjadi hari ke 7
bukan? Atau kalau saya adalah seorang sopir bus malam yang libur hari selasa, maka hari pertama dihitung dari hari rabu, dan hari selasa menjadi hari ke tujuh. Demikian seterusnya.


Akhirnya, kalau menurut saya: SEMUA hari dalam seminggu harus dikuduskan untuk Tuhan. Karena itu saya bisa saja pergi misa ke gereja pada hari apa saja (dan memang di gereja katolik, selalu ada misa setiap hari).