Sunday, July 17, 2005

PPA

Sekarang ini banyak beredar Pasukan Pembela Agama (PPA).

PPA ini terdiri atas massa yang emosional dan beringas. Mereka menyerang dan menyerbu segala sesuatu yang mereka anggap sebagai musuh agama. Yang tidak senang dengan PPA menyebut mereka "teroris". Sedangkan massa anggota PPA memandang diri mereka sebagai pasukan yang berjuang di jalan Tuhan.

Yang mana diantara kedua sebutan itu yang benar?

Dua-duanya keliru!
Mereka bukan teroris, sebab teroris biasanya bergerak secara individual, dan mempunyai commitment yang bersifat pribadi. Namun mereka juga bukan pasukan yang berjuang di jalan Tuhan.

Lalu siapakah mereka?
Kata kuncinya adalah: "massa".

Agama sejati mengajak anda menjadi individu yang unik, mendengarkan panggilan Tuhan bagi anda, yang unik HANYA untuk anda. Anda BUKAN bagian dari massa, anda bukan sebutir pasir di sebuah gurun. Anda adalah sebuah pribadi yang unik. Jika anda mendengar suara Tuhan secara pribadi, dan menanggapinya secara bebas, maka anda berjuang di jalan Tuhan. Teroris memang mempunyai commitment pribadi, tetapi saya sangat meragukan bahwa mereka mendengar suara Tuhan dengan benar!

Jika anda menjadi bagian dari massa, maka anda kehilangan kemanusiaan anda. Massa tidak mempunyai jiwa, tidak mempunyai kepribadian, melainkan hanya segumpal entitas yang dikendalikan oleh sesuatu atau seseorang. Sebagai bagian dari massa, anda tidak lagi mengambil keputusan moral atas tindakan-tindakan anda, melainkan larut dan dikendalikan oleh gerakan massa tersebut.

PPA adalah massa yang digerakkan oleh seseorang atau sesuatu untuk menyerang sebuah musuh, yang bagi anggota massa itu telah menjadi "musuh bersama". Musuh yang mana yang menjadi sasaran penyerbuan massa PPA ini? Yang jelas, keputusannya bukan dipegang oleh individu-individu anggota massa tersebut. Yang terjadi adalah, individu-individu tersebut DIGERAKKAN (secara emosional dan ideologis) sehingga kumpulan individu-individu itu bertransformasi menjadi massa yang siap menyerang apa saja, sesuai pesanan!