Wednesday, June 1, 2005

Konservatif vs Liberal

Ada orang yang konservatif, ada yang liberal.

Ini hal biasa, tidak aneh. Orang bebas menentukan sikap, bukan?

Ada yang bilang bahwa kedua-duanya dibutuhkan. Sikap konservatif dibutuhkan untuk menjaga keteraturan, mencegah anarki dan kekacauan. Sikap liberal dibutuhkan untuk membangun kreatifitas dan progresivitas.

Sikap apapun yang saya pilih, mestinya tidak menghalangi saya untuk mengeksplorasi ide-ide baru yang segar dan kreatif. Tentu saja saya punya prinsip dan keyakinan yang saya pegang. Tetapi itu tidak menghalangi saya untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah baru yang belum pernah dijelajahi sebelumnya. Bukankah saya bisa mengkaji ide-ide yang berbeda bahkan bertentangan dengan prinsip dan keyakinan saya, tanpa harus mengubah prinsip dan keyakinan saya itu?