Thursday, October 21, 2004

Mengapa Agama?

Kalau saya mah, berpikir lebih sederhana.

Yang paling pokok itu apa? Bagaimana saya menjalin hubungan konkrit
dengan Tuhan, bukan? Hubungan ini lantas mempengaruhi hubungan saya
dengan sesama dan dengan seluruh alam semesta.

Agama diciptakan hanya sekedar membantu saya dalam menjalin hubungan
tersebut. Kalau agama malah membuat saya bingung, atau malah menghalangi
hubungan saya dengan Tuhan, dan sesama, ya dibuang saja ...

Kalau ada orang yang mati-matian membela agama, maka itu sungguh
menggelikan. Agama diciptakan untuk membela manusia, bukan sebaliknya.

Saya menyembah Tuhan, bukan menyembah agama! Sungguh sayang bahwa banyak
orang yang menjadikan agama sebagai berhala yang disembah. Mereka bahkan
membunuh menghancurkan sesama demi agama. Padahal agama diciptakan untuk
membela manusia. Jika ada orang yang menghancurkan manusia demi agama,
ini sungguh ironis!

Agama dan kitab suci hanyalah kumpulan kata-kata yang seharusnya
membantu kita menjadi manusia yang berbudi luhur dan memuliakan Tuhan.

Kitab suci hanyalah telunjuk yang menunjuk ke bulan,
Jika anda telah melihat bulan, anda tidak butuh telunjuk lagi, bukan?